Mau Informasi lebih Tentang ISLAM...??? download mp3 Al-Quran, DLL.... gampang saja........ tinggal. KLIK DISINI

Pengikut

Info Lainnya

Selasa, 26 Januari 2010

Manfaat Menggosok Gigi

Gigi merupakan salah satu organ tubuh yang vital. Sistem sarafnya berhubungan langsung dengan saraf mata dan telinga. Gigi yang tidak sehat bukan hanya berdampak gusi dan gigi yang lain, tetapi juga mata dan telinga anda. Itulah sebabnya, diriwayatkan dari 'Aisyah ra. Nabi Saw. Bersabda: "Menggosok gigi itu [berguna untuk] membesihkan mulut dan disenangi Tuhan" (HR. Ahmad, Nasa'i dan Tarmidzi). Bahkan dalam hadits riwayat Abu Hurairah, dinyatakan Nabi Saw. Bersabda: "Seandainya tidak memberatkan umatku, niscaya aku suruh menggosok gigi disetiap kali berwudhu" (HR. Malik, Syafi'i, Baihaqi & Hakim).
Kedua hadits ini menunjukkan betapa pentingnya menggosok gigi bagi kebersihan dan kesehatan. Di zaman modern sekarang ini telah banyak ragam pasta dan sikat gigi. Malah kandungan pasta tidak hanya berfungsi menbersihkan gigi, tetapi juga menguatkan gigi dan gusi serta menghilangkan bau mulut dengan cara menambahkan kepada pasta tersebut elemen-elemen penting seperti kalsium, fluoride dan menthol. Singkatnya, membiasakan diri menggosok gigi secara rutin akan menjamin kesehatan gigi, gusi dan mulut yang secara tidak langsung berpengaruh besar pula terhadap sisten pencernaan.
Nabi Muhammad Saw, sebagai figur dan teladan menjalani gaya hidup sehat, menganjurkan menggosok gigi itu minimal lima kali:
1. Ketika berwudhu
2. Ketika hendak shalat
3. Ketika akan menbaca Al-Quran
4. Ketika bangun tidur
5. Ketika mulut berbau tak sedap.
Betapa besarnya perhatian Islam terhadap pentingnya menjaga dan memelihara kesehatan gigi.

0 komentar:

Total Tayangan Halaman